Wisuda Al Qur'an MIT dan SMPIT Bakti Ibu Kota Madiun Tahun 2019, Kukuhkan Generasi Qur'ani

Pada hari minggu, 10 Februari 2019 MIT dan SMPIT Bakti Ibu Kota Madiunmenggelar acara wisuda Al Qur’an yang ke 6. Bertempat di Graha Cendekia UNIPMA, kegiatan ini diikuti oleh 225 wisudawan, terdiri dari 142 siswa MIT dan 83 siswa SMPIT, dengan rincian peserta wisuda juz 30 sebanyak 141, peserta wisuda juz 29 sebanyak 47, peserta wisuda juz 28 sebanyak 15, peserta wisuda juz 1 sebanyak 3, dan peserta wisuda tilawah sebanyak 69. “Pada tahun 2019 ini jumlah siswa yang diwisuda mengalami kenaikan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tegas Asmaul Mukaromah, sebagai ketua Panitia acara ini.

Melalui proses yang panjang dan usaha yang tidak kenal lelah, para guru dan ustadz kami telah mampu mengantarkan anak didik kami menjadi para penghafal Al Quran cilik. Dengan membangun sinergi dengan berbagai pihak terkait, kami optimis bahwa upaya untuk mewujudkan Generasi Qurani, Insan dan Peradaban Mulia di negeri tercinta ini, sebagaimana bunyi tema dari acara Wisuda kali ini, akan benar-benar bisa diwujudkan. “Melalui penghafal Al Quran cilik ini, kami yakin ke depan akan muncul para pemimpin, yang mendalam ilmu agamanya, cerdas, tajam pikirannya, lembut hatinya, penyayang kepada sesamanya, sekaligus siap menjadi pemimpin yang menjadi panutan serta teladan bagi umatnya”. Tegas Sumani, yang juga sebagai dosen di UNIPMA ini.

Acara wisuda Tahfidz juz 1, 28, 29, dan 30 yang bertema “Mengukuhkan Generasi Qur’ani, Menuju Insan dan Peradaban Mulia” ini dimulai pukul 07.30 hingga 12.00. Acara ini dihadiri oleh seluruh guru, ustadz dan ustadzah MIT dan SMPIT, para wali murid, jajaran pengurus YBIM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Kasi Pendma Kemenag Kota Madiun, Jajaran Polsek Kartoharjo Madiun, Dewan Penyantun, dan para rekanan.

“Acara wisuda yang digelar rutin setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak didik kami terhadap Al Quran, mengapresiasi dan memotivasi siswa-siswi kami agar lebih semangat di dalam mentartil bacaan dan hafalan Al Qur’an mereka, serta untuk membangun sinergi dengan stake holder kami, guna mewujudkan visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan SIT kami” kata  Asmaul Mukaromah, ketua Panitia.

Puncak acara Wisuda ini ditandai dengan penyematan Medali kepada para wisudawan, dan juga pemberian penghargaan kepada para wisudawan terbaik dalam berbagai kategori. Turut menyematkan medali kepada para Wisudawan dan kepada para Wisudawan terbaik, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun: Drs. Heri Wasana, Kasi Pendma Kemenag Kota Madiun: Sigit Hariyanto, S.Pd., Panit Lantas Polsek Kartoharjo Madiun: IPDA Slamet Riyanto, Ketua YBIM: Agung Eka Purwana, S.E, M.Si., Kabid Pendidikan YBIM: Drs. Sumani, M.M, M.Hum, Tim Penjaminan Mutu SIT YBIM, para Kepala sekolah dan lembaga di lingkup YBIM.

Turut menyemarakkan acara ini wisuda Tahfidz kali ini, diantaranya acara Sosialisasi “Millenial Road Safety Festival” yang dilakukan oleh Jajaran Polsek Kartoharjo Madiun dan Sosialisasi Kelas Tahfidz Quran di SMPIT Bakti Ibu, merupakan program unggulan di lembaga pendidikan di bawah YBIM yang baru saja mendapatkan predikat Akreditasi “A”, mengikuti jejak kakak kandungnya MIT Bakti Ibu yang sudah terakreditasi “A” terlebih dulu.

“MIT dan SMPIT Bakti Ibu Madiun akan terus menggelar wisuda tilawah dan tahfidz seperti ini tiap tahun agar siswa siswi yang terus bersemangat belajar, menghafal, dan mengamalkan isi Al Qur’an,” kata Asmaul Mukaromah.